BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan ekonomi ditandai dengan semakin banyaknya usaha-usaha yang berkembang. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pengiriman barang. Memasuki era globalisasi ekonomi sekarang ini, organisasi usaha yang bergerak dalam bidang komunikasi dan jasa pengiriman barang diharapkan mampu menghadapi tantangan persaingan yang semakin ketat, perkembangan teknologi yang canggih, tuntutan mutu produk dan mutu pelayanan yang baik. Untuk menunjang kelancaran dan kelangsungan hidup suatu organisasi usaha atau industri terutama yang berhubungan dengan masyarakat, maka tidak terlepas dari adanya fasilitas jasa komunikasi dan jasa pengiriman.

Bisnis jasa pengiriman di dalam negeri beberapa tahun terakhir berkembang cukup pesat. Berdasarkan data Ditjen Postel Departemen Perhubungan tahun 2014 menunjukkan bahwa di daerah komersial, pelayanan jasa pengiriman selain dilakukan oleh PT. Pos Indonesia sebagai BUMN pos, juga dilakukan oleh beberapa penyelenggara swasta (perusahaan jasa titipan dan multinasional). Dalam penyelenggaraan di daerah komersial, PT. Pos Indonesia harus berkompetisi dengan lebih dari 600 penyelenggaraan swasta dengan 2.000 kantor cabang yang terpusat di Pulau Jawa (60,9% dari total kantor cabang penyelenggaraan swasta) dan Sumatera (23,3%). Perusahaan jasa pengiriman termasuk salah satu sektor yang cukup menjanjikan di masa depan. Jasa pengiriman punya peranan penting dan strategis dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat.

PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan salah suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam kegiatan pelayanan lalu lintas informasi, uang dan barang. Pengiriman barang belum dapat tergantikan dengan teknologi manapun dengan piranti apa pun. Salah satu diferensiansi produk yang ditawarkan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) adalah jasa layanan pengiriman paket. 

Kabupaten Bireuen merupakan daerah yang berkembang dengan cukup pesat, sehingga banyak usaha-usaha yang tumbuh dan berkembang yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Usaha yang bergerak dalam bidang jasa termasuk jasa pengiriman barang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Bireuen. Hal ini ditandai dengan banyaknya usaha pengiriman barang yang ada, yang memudahkan masyarakat dalam hal mengirim barang.

Banyaknya penduduk yang saling mengirim barang dari suatu daerah ke daerah lain yang jauh membuat jasa pengiriman barang ini menjadi sangat penting bagi masyarakat. Berdasarkan kenyataan tersebut, saat ini terdapat banyak perusahaan jasa pengiriman barang baik milik pemerintah maupun milik swasta. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang milik pemerintah adalah PT. Pos Indonesia (persero). 

Demikian juga halnya PT. Pos Indonesia (Persero) Kabupaten Bireuen yang merupakan salah satu perusahaan yang keberadaannya telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai penyedia sarana komunikasi dan juga memberikan layanan pengiriman barang/dokumen yang dikenal dengan paket pos. Jasa pengiriman paket pos yang dimiliki oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Kabupaten Bireuen merupakan jasa yang disediakan khusus untuk barang/dokumen dengan tarif yang sangat efisien, baik untuk berhubungan domestik maupun internasional.

Discussion: